Sejarah

       SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berdiri sejak 1 September 1946 merupakan sekolah swasta tertua di Surakarta. Sepanjang sejarahnya SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang banyak dikenal dengan sebutan “SMA MUHI SOLO” telah mengalami banyak perkembangan. Diawali dengan gedung yang dahulu masih menumpang di SD Muhammadiyah 1 Solo sampai kini telah menempati gedungnya sendiri yang berdiri di Jl. RM Said 35, menyimpan berbagai sejarah yang patut dicatat.

        Jumlah Alumni 17.689, banyak alumni yang menjadi tokoh-tokoh penting, seperti : Menteri, Bupati, Pimpinan Instansi Pemeritah Negeri dan Swasta, Pejabat Tinggi Militer, Pelaku Bisnis Internasional, Pimpinan Ormas, bekerja diluar negeri sebagai pilot, akuntan publik, dosen, dan banyak pula yang kini menjadi pengusaha dibidang industri, perdagangan, jasa, dsb.

        Saat ini SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang terakreditasi “A” tengah menuju menjadi Sekolah Standar Nasional (SSN) atau Sekolah Kategori Mandiri ( SKM ). Dalam upayanya itu Sekolah giat berbenah untuk meningkatkan sarana maupun prasarana serta meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia ( SDM-nya). Selain mengembangkan pola pendidikan berbasis TI (Teknologi Informasi), setiap tenaga pengajarnya dituntut untuk meningkatkan kualitasnya, baik melalui pendidikan kejanjang lebih tinggi ( S1, S2, atau S3) maupun melalui diklat, workshop, Training, dsb.